Menu

Pengen Jadi Orang Yang Sukses Di Bidang IT? Nih 3 Hal Penting Dari Programmer

Pada prinsipnya sesuai sama kita pingin ketujuan Roma, akan terdapat banyak jalan. Kita dapat melalui Inter188 Bogor, lantas ke Bandung terus hingga sampai di Roma. Atau kita dapat juga melalui Karawang, lantas ke Jakarta, setelah itu mendaki gunung Krakatau serta sampailah di Roma (menganggapnya saja itu benar :D). Ya, menjadi seseorang programmer juga demikian, terdapat banyak langkah yang dapat ditempuh untuk belajarnya. Beberapa dari kita pasti berlainan langkahnya dalam belajar pemrograman, serta ini di pengaruhi oleh beberapa perihal, seperti latar belakang, kecepatan belajar, situasi ekonomi dan mungkin lingkungan. Tidak hanya itu, langkah saya kasmaran dengan pemrograman kemungkinan berlainan secara Kamu. Serta mungkin itu juga pengaruhi. 

Suatu hal yang wajib kita mengerti merupakan, kalau mustahil ini hari pingin jadi seseorang master programmer, lantas kita cuma tonton tv, lantas tidur serta pagi harinya kita tidak diduga dapat bikin program super apik yang dapat menundukkan sofware hasil Microsoft. Tdk ada ceritanya kita tengah jalan-jalan di musium Taman Mini, tidak diduga ada seekor laba-laba yang menggigit kita, lantas kita ketiduran di jalanan, dibangunkan satpam serta sehabis bangun kita langsung dapat coding sembari bergelantungan di pohon. Satu perihal yang wajib kita sepakati merupakan, ada suatu proses yang wajib kita lewati karena itu. Sempat ada yang ajukan pertanyaan pada saya, “Kak, saya telah lama pingin belajar pemrograman, bagaimana ya langkahnya?”. Lantas saya tanyakanlah, “Apa yang telah kamu kerjakan biar Kamu dapat belajar pemrograman?”, lantas ia menggeleng serta menjawab “belum ngapa-ngapain sih”. Lantas saya bertanya, “Kamu telah coba beli buku perihal pemrograman?”, ia jawab “belum”. “Kamu telah baca artikel di internet perihal pemrograman?”, ia juga menjawab belum pula. Saya kaget, kok dapat mengidamkan suatu hal, tetapi tdk kerjakan suatu hal untuk meraihnya? Semua diperlukan proses kawan... 

Suatu hal yang saya pingin berikan diatas merupakan, buat Kamu yang pingin dapat pemrograman, Kamu mesti siap untuk melakukan hasilnya, tdk ada yang instant untuk pintar pemrograman. Tdk ringan memang, tetapi saya jamin akan menarik. Jika kamu sama pendapat dengan saya, sebetulnya programming itu bukan cuma hanya pengetahuan mau bikin program computer, akan tetapi pun adalah pola hidup, serta kamu dapat menikmatinya. Artikel ini saya tuliskan bukan untuk yang telah mahir pemrograman, tdk... mustahil saya mengajari ikan langkah untuk berenang :D. Artikel ini pribadi untuk Kamu yang baru lihat keindahan dari pemrograman, serta kamu tergoda untuk mendalaminya, sebab kamu lihat ada secercah kebahagiaan yang dapat didapat di dalamnya, tetapi Kamu bingung bagaimanakah caranya mengawalinya. 

Apakah yang akan saya berikan setelah itu, tdk miliki sifat absolute, punya arti tdk harus demikian. Sebab seperti yang saya singgung di muka, terdapat banyak jalan untuk ketujuan Roma. Serta langkah tiap-tiap orang berlainan. Tetapi mudah-mudahan ini dapat menunjang Kamu untuk mengawali. Buat kawan-kawan yang telah lama memahami programming, serta miliki suatu “cara”, kelak dapat dishare pun ya di kotak komentar, itu akan bakal berfaedah. 

Di bawah ini merupakan berbagai perihal yang dapat Kamu kerjakan untuk mengawali belajar pemrograman: 

1. Memahami dahulu apakah yang dimaksud "programming"

Sebelum Kamu kerjakan suatu hal, Kamu mesti tahu dahulu dong apakah yang pingin Kamu melakukannya. Kamu mesti tahu dahulu apakah yang dimaksud programming. Sesuai sama Kamu senang seseorang wanita, sebelum Kamu mulai kerjakan pendekatan, ditambah lagi menembaknya, minimalnya Kamu mesti miliki kabar perihal ia. Contohnya Kamu mesti tahu berapakah banyaknya lubang hidungnya, apa ia makan memakai tangan atau mungkin tidak, bagaimanakah caranya berjalannya, apa kakinya ada 2, apa ibunya wanita :D. Makin banyak kabar yang Kamu tahu, maka makin baik. Serta kemungkinan bikin Kamu kian kasmaran. Beberapa dari kita tdk coba memahami pemrograman, sebab mungkin cuma tahu sejumlah saja. Contohnya cuma tahu, “pemrograman itu lo akan menulis kode di texteditor serta lo dapat membuat program”. Jika cuma itu yang didapati, lumrah saja bila ia tdk tertarik untuk belajar pemrograman. 

Asumsikan bila kita tahu kalau dengan pemrograman kita dapat membuat sesuatu program yang berfaedah untuk banyak orang, semua dunia akan suka memakai program kita, bahkan juga dengan program itu kita dapat berubah menjadi kaya raya, kita dapat bikin perusahaan sendiri, kita dapat buka lapangan pekerjaan baru, serta dapat bikin orang yang lain bahagia serta sejahtera. Itu akan terdengar lebih menarik. Atau juga pun, saat kita miliki anak kelak, kita dapat bikin game pribadi edisi istimewa untuk ulang tahun anak kita, atau bikin situs untuk keluarga bahagia kita, atau juga kita dapat membuat sesuatu aplikasi untuk menembak gebetan kita dengan aplikasi yang super romantis. Bos.. Asumsikan sangat banyak yang dapat kita melakukannya. Makin banyak kabar yang kita ketahui, karena itu kian juga banyak argumen yang kita miliki untuk pelajari pemrograman. So, lagi, jika kamu pingin mengawali belajar pemrograman, karena itu mengertilah terlebih dulu apakah yang dimaksud pemrograman serta knowledge base yang beri dukungan, supaya tdk tersesat. Kamu mulai bisa baca-baca di sini: Pengetahuan Basic Pemrograman. 

 

2. Pilihlan suatu bahasa pemrograman 

Kelanjutannnya kita memang semestinya pilih. Sangat banyak bahasa pemrograman yang ada dalam dunia, di mulai dari bahasa mesin, bahasa tingkat rendah, bahasa tingkat menengah serta bahasa tingkat tinggi. Kamu dapat cek sendiri di sini http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_pemrograman, silakan studi keunggulan serta kekurangannya semasing. Atau untuk kamu yang tetap bingung karena amat jumlahnya bahasa pemrograman serta diperlukan saran pun pencerahan untuk pilih bahasa pemrograman apakah yang wajib kamu studi untuk mengawali belajar, kamu dapat baca artikel "Bahasa Pemrograman Apakah yang Pas untuk Dipelajari Pertama Kali ?". 

Kamu mungkin mungkin pelajari semua, tetapi saya anjurkan pilih satu terlebih dulu. Kuasailah satu terlebih dulu. Dalamilah. Yang wajib kita ingat merupakan, bahasa pemrograman bukan suatu agama yang kita cuma bisa pilih satu serta tdk dapat seenaknya kita ubah. Kamu bebas saja beralih-alih bahasa pemrograman yang Kamu pingin kuasai kelak, bila Kamu pengin. Tetapi... Pelajarilah dahulu satu. Kuasailah dengan cara mendalam. 

3. Mulai belajar 

Saat ini Kamu telah tahu apakah yang dimaksud pemrograman serta Kamu telah miliki bahasa pemrograman yang pingin Kamu kuasai, setelah itu pelajarilah. Belajarlah algoritma basic dalam bahasa pemrograman yang Kamu pilih. Langkahnya sangat banyak, dapat lewat buku, dapat pula lewat artikel-artikel di internet, tutorial-tutorial pemrograman di internet seperti Pembelajaran CodePolitan serta Interactive Coding (Belajar Coding Online Interaktif). Atau Kamu dapat juga coba belajar pemrograman dari majalah/e-book pemrograman seperti CodePolitan Magazine. Atau untuk kamu yang pingin belajar tambah cepat serta sungguh-sungguh, kamu dapat ikuti Pelatihan Belajar Pemrograman. Ya, sangat banyak langkahnya. Silakan Kamu pilih sendiri yang paling cocok dengan langkah belajarmu.

Go Back

Comment

Blog Search

Blog Archive

Comments

There are currently no blog comments.